Problematika Jadi Anak Pertama

📋 Daftar isi [Buka]

Kita sebenernya nggak minta dilahirin di dunia ini, nggak bisa nentuin mau jadi cewek apa cowok, kita juga nggak bisa milih mau dilahirin sama siapa, apalagi nentuin mau jadi anak keberapa. Tau-tau udah jadi aja. Seenak-enaknya jadi anak emang pas jadi anak semata wayang, tapi semua itu berubah ketika kelahiran adek baru menyerang. Rasanya jadi kayak diduain. Beberapa problematika pun menyerang. Misalnya kayak gini:

1. Disalahin mulu


Sebelum punya adek, kita biasanya nunggu-nungguin dia lahir, tapi giliran udah lahir, rasanya pengin masukin lagi dia ke perut emak. Soalnya kalo lagi bandel bikin rese. Suka seenak-enaknya sendiri. Giliran diomongin tiba-tiba nangis. Udah deh, abis itu kakak yang disalahin. Hidup ini emang nggak adil.

2. Selalu disuruh ngalah


Bayangin lo lagi pengen-pengennya es krim. Udah jalan jauh-jauh ke warung buat beli es krim tau-tau pas pulang adek lo minta. Dikasih sesuap minta lagi, nggak dikasih lagi mendadak rewel. Udah deh, kalo ketauan nyokap pasti langsung disuruh kasih aja semuanya ke adek. Ngalah, terus menangnya kapan?

3. Dituduh ngajarin nggak bener


Adek emang demennya ngikut-ngikutin apa yang kita lakuin. Kita lari, dia ikutan lari, kita kayang, dia juga ikutan kayang. Nanti tunggu aja, kalo tiba-tiba adek jatoh pas kayang, kita lagi yang disalahin. Dibilang ngajarin nggak bener. Padahal siapa juga yang ngajarin? Udah, deh, capek.

4. Nggak pernah dicariin


Waktu adek muncul, dengan perlahan  eksistensi kita sebagai kakak akan sedikit demi sedikit berkurang. Sama nyokap yang ditanyain selalu “adek di mana?”. Giliran kita yang ngilang nggak ada yang nyariin. Sedih.

 5. Barang dirusak


Sebagai kakak, kita juga harus pinter ngejaga barang-barang milik sendiri. Nggak boleh lengah sediki pun. Lengah sedikit hancur deh itu bareng. Kalo nggak dibanting atau digigit, ya dimakan. Udah kayak gitu, ujung-ujungnya kita yang disalahin lagi.

 6. Takut dilangkahin


Bukan dilangkahin biasa. Ini maksudnya dilangkahin nikahnya. Sebagai kakak biasanya kita dituntut untuk bisa nikah duluan. Apalagi cewek. Kalo adek udah mau nikah, kita harus punya pacar dan mau nikah juga biar nggak malu-maluin keluarga. Aneh, ya. Tapi kan jadi dilema. Apalagi calon  nggak punya, masih di antah berantah.

 Tuh para adek-adek, sekarang kalian ngerti kan? Itulah alasan kenapa kakak-kakak lo nge-bully lo. Jadi jangan mewek mulu.

Belum ada Komentar untuk "Problematika Jadi Anak Pertama"

Posting Komentar

Silahkan komentar yang sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel